Munadi
Di hari Minggu pagi tadi sekira pukul 06:00, saya melakukan kegiatan mencuci pakaian. Mencuci pakaian merupakan aktivitas yang sering saya lakukan. Baik di akhir pekan maupun di hari kerja biasa.

Pakaian yang saya cuci kali ini terdiri dari 14 potong kemeja dan 15 potong celana. Dari kelima belas potong celana tersebut, ada 13 potong celana pendek dan sisanya adalah celana panjang.

Kegiatan mencuci pakaian ini saya lakukan di kamar mandi di bagian belakang rumah. Saya biasa melakukannya di ruangan tersebut karena ruangan yang dikhususkan untuk tempat mencuci sekarang telah beralih fungsi menjadi tempat menyimpan kayu-kayu.

Alat dan bahan yang saya gunakan untuk mencuci pakaian ini adalah papan penggilasan, dua buah bak, sabun cuci, sikat cuci, deterjen, pewangi pakaian, dan tentu saja air bersih.

Hal pertama yang lakukan sebelum mencuci ini adalah menentukan pakaian mana saja yang akan dicuci hari ini. Pasalnya, banyak sekali pakaian kotor yang menumpuk dan saya tidak sanggup jika mencuci sekaligus di hari ini.

Setelah itu, saya menuangkan beberapa genggam deterjen ke dalam bak yang sudah berisi air bersih dan mengaduknya hingga rata. Lalu, memasukkan pakaian kotor yang ingin dicuci dan merendamnya. Kemudian, menunggu selama sekira setengah jam.

Setelah menunggu rendaman selama setengah jam, barulah saya mulai mencuci. Pakaian pertama yang saya cuci adalah kelompok kemeja, kemudian menyusul kelompok pakaian celana. Pakaian yang selesai dicuci saya kumpulkan di bak yang lain.

Setelah pakaian selesai dicuci semuanya, barulah saya membilasnya satu per satu di air bersih di bak yang satunya lagi. Setelah di bilas, pakaian tersebut saya pisahkan di atas penggilasan. Setelah semua pakaian selesai dibilas, saya menyiapkan air yang sudah dilarutkan dengan cairan pewangi pakaian.

Kira-kira pakaian direndam dalam larutan pewangi selama 15 menit, setelah itu, saya memerasnya satu per satu dan dikumpulkan di bak, Selanjutnya, saya membawa pakaian tersebut ke halaman depan rumah untuk dijemur. Total waktu yang saya perlukan untuk mencuci hingga menjemur pakaian ini adalah selama 2 jam di tambah merendam pakaian dengan deterjen selama 30 menit.
Label: edit post
0 Responses

Post a Comment