Munadi
Blog ini baru dibuat sekira dua hari yang lalu. Sejak awal, saya sudah mengganti template bawaan Blogger dengan template yang bernama Coffee Desk Blogger Template. Template blogger yang satu ini saya dapatkan dari BTemplates.

Template 3 kolom ini merupakan template gratis yang diadaptasi dari WordPress. Template Coffee Desk untuk Blogger ini dilansir pada tahun 2009. Sebenarnya, saya bukan kali pertama menggunakan template ini. Pada saat-saat awal saya mengenal blog, saya pernah memakai template ini di salah satu blog yang saya buat.

Entah mengapa, saya begitu tertarik dengan penampilan template ini sehingga saya tetap menggunakannya meskipun sekarang ini lagi zamannya template yang bersifat responsive.

Dalam dua hari ini, saya sudah menambahkan beberapa elemen di template ini. Pasalnya, ada beberapa widget atau gadget atau fitur yang biasa terdapat di template zaman sekarang, tetapi tidak ada di template ini.

Elemen-elemen yang telah saya tambahkan di antaranya adalah readmore otomatis, tombol share artikel, widget artikel terkait, dan kolom komentar Facebook.

Seperti diketahui sebelumnya kalau template ini tidak mengandung widget readmore otomatis sehingga tampilan satu artikel di halaman beranda akan memanjang ke bawah. Itu baru satu artikel, bagaimana jika artikel di beranda blog ini disetel lebih dari satu artikel tentu akan memakan tempat karena harus panjang menggulung layar.

Widget lainnya adalah tombol share artikel. Tombol ini berguna untuk memudahkan para pengunjung blog yang ingin membagikan artikel di blog ini kepada teman-temannya melalui akun media sosial yang mereka miliki. Tombol share ini saya dapatkan dari AddThis versi gratisnya.

Kalau widget artikel ini untuk mengelompokkan artikel-artikel yang berlabel sama sehingga pengunjung blog dapat dengan mudah melihat judul-judul artikel yang selabel. Widget ini berada di bawah artikel.

Nah, kalau kolom komentar Facebook disediakan untuk para pengunjung yang ingin mengomentari artikel di blog ini melalui akun Facebook mereka.
Label: edit post
0 Responses

Post a Comment