Munadi
Hari ini merupakan hari pertama puasa pada bulan Ramadhan 1436 H. Alhamdulillah, dini hari tadi saya sudah melaksanakan Sunnah Rasul, yakni makan sahur.

Saya makan sahur untuk hari pertama puasa ini menjelang pukul 4 dini hari. Tetapi, saya sudah bangun tidur beberapa jam sebelumnya. Begitu terbangun dari tidur, saya tidak langsung makan, melainkan ada beberapa hal lain yang saya kerjakan sembari menunggu datangnya selera makan.

Sebelum makan sahur, saya melakukan sholat tahajjud beberapa rakaat. Setelah itu, saya menyalakan laptop untuk internetan sebentar. Saat internetan, saya melihat Google Street View pada salah satu jalan di Jakarta lantaran saya masih penasaran dengan jalan tersebut.

Sesudah internetan, baru kemudian saya menyiapkan makan sahur pertama pada bulan puasa tahun ini. Menu yang saya santap dini hari tadi adalah sepiring nasi putih yang saya ambil dari magic jar yang berfungsi sekaligus sebagai rice cooker. Nasi putih ini ditemani oleh telur dadar goreng yang diberi bumbu. Selain itu, saya juga mengambil beberapa potongan mentimun yang tersedia pada sebuah mangkuk di meja makan.

Menu santap sahur tersebut lalu saya bawa ke ruang nonton televisi dan mengambil beberapa buah kerupuk yang terdapat di ruangan tersebut. Sembari menonton acara sahur dengan format bincang-bincang pada salah satu stasiun tv swasta, saya menikmati makan sahur pertama di bulan puasa tahun 2015 ini.

Beberapa saat setelah menu sahur tersebut saya habiskan, lalu saya memakan sebuah pir yang sudah ada sejak kemarin. Pir ini saya makan langsung tanpa dipotong-potong terlebih dahulu. Kemudian, sesudah buah pir saya habiskan, kegiatan sahur ini saya lanjutkan dengan meminum air putih sebanyak 4 gelas kecil. Meskipun sudah terhidang satu gelas susu, namun saya tidak meminumnya saat itu. Saya menyimpan susu tersebut di dalam lemari es untuk diminum pada saat buka puasa nanti.
Label: edit post
0 Responses

Post a Comment