Munadi
Saya mengedit penampilan blog ini lagi setelah sekian lama. Saya tidak mengganti template blog Munadiary ini dengan yang lain melainkan masih tetap menggunakan Coffee Desk Blogger Template. Saya hanya mengubah tata letak gadget dan menghapus beberapa gadget serta memasang kembali iklan Google AdSense.

Hal pertama yang saya lakukan adalah mengubungkan Akun Google blog ini dengan Akun Google AdSense yang saya miliki. Tujuannya adalah agar iklan AdSense bisa tampil saat blog ini dibuka melalui ponsel atau perangkat seluler lainnya. Seperti diketahui, template yang sedang saya gunakan ini adalah tidak responsif sehingga saya mengatur tampilan selulernya sesuai dengan template yang disediakan oleh Blogger. Dengan demikian, tampilan blog akan sangat berbeda ketika diakses melalui laptop dan handphone.

Adapun unit iklan AdSense konten yang saya pasang ada 3 buah. Satu iklan saya letakkan di bawah judul artikel yang posisinya berada di pojok kiri sebelah paragraf pertama artikel. Lalu, satu iklan lagi berada di bawah artikel. Satu iklan konten lagi berada di bagian sidebar kiri. Selain itu, saya juga memasang iklan tautan di bagian atas sidebar sebelah kanan.

Sementara itu, iklan tautan yang terletak di bawah artikel terbaru di laman beranda dan di bawah kolom komentar pada laman posting merupakan hasil pengaturan agar iklan AdSense bisa tampil di template versi seluler. Sedangkan dua iklan tautan tersebut hanya muncul pada tampilan desktop.

Gadget atau widget Blogger yang saya pindahkan dari posisi sebelumnya ke posisi baru adalah Artikel Terbaru, Entri Populer, Label, dan Daftar Isi. Artikel Terbaru dan Entri Populer yang tadinya berada di sidebar kiri, saya pindahkan ke sidebar kanan. Sebaliknya, Daftar Isi saya pindahkan ke sidebar kiri dari sebelumnya yang terletak di sidebar kanan.

Sedangkan widget Label yang sebelumnya berada di sidebar kanan, saya pindahkan ke sidebar kiri. Selain itu, gadget ini juga mengalami pengeditan di mana saya mengurangi beberapa label. Dengan demikian, hanya label yang saya pilih saja yang bisa tampil atau terlihat.

Gadget Arsip Blog adalah widget yang saya hapus dari tampilan blog ini. Gadget tersebut tadinya berada paling bawah di antara gadget-gadget yang terletak di sidebar kanan.
Label: edit post
0 Responses

Post a Comment