Munadi
Kegiatan saya di hari Minggu pagi tadi adalah merekam suasana perjalanan pada beberapa jalan yang ada di sekitar tempat tinggal saya. Tujuan saya membuat video perjalanan ini adalah untuk diunggah di situs berbagi video gratis, Youtube. Perekaman jalan yang saya lakukan pada hari ini adalah sebagai uji coba. Rencananya, jika hasilnya berjalan dengan lancar, saya akan melakukan aktivitas ini setiap hari Minggu pada jalan yang berbeda.

Saya memilih hari Minggu untuk membuat video ini karena biasanya di hari libur tersebut, kondisi jalan masih lengang terlebih lagi jika hari masih pagi. Seperti diketahui, kalau hari biasa, jalan-jalan di Jakarta pasti mengalami kemacetan. Suasana jalan yang sepi dari kendaraan tentu akan memperlancar pembuatan video yang saya inginkan. Kecuali bila saya ingin merekam suasana jalan tertentu dalam kondisi macet, maka saya akan melakukannya di hari biasa.

Untuk membuat video perjalanan ini, saya hanya menggunakan perangkat BlackBerry Curve 9320. Maklum saja, saya tidak memiliki kamera khusus untuk merekam jalan. Smartphone tersebut lalu saya selipkan atau masukkan pada selempang tas punggung sebelah kanan. Styrofoam yang ada di selempang tersebut saya potong seukuran panjang hape BB. Di situlah saya menempatkan ponsel untuk merekam situasi jalan-jalan yang saya lalui. Kendaraan yang saya gunakan di dalam kegiatan ini adalah tentu saja sepeda motor.

Jalan pertama yang saya rekam adalah Jl. Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Saya mulai merekam jalan tersebut dari arah Ciledug atau Jl. Kembangan Selatan. Setelah melihat hasilnya di rumah, video tersebut kelihatan agak gelap karena hari masih pagi, yakni sekira pukul 07.00. Jalan ke-dua yang saya tuju untuk direkam adalah Jl. Kembang Kerep. Sayangnya, begitu saya periksa ponsel di ujung jalan tersebut, ternyata handphone gagal merekam karena sepertinya saya melakukan kesalahan saat menekan tombol rekam di awal.

Jalan-jalan lain yang saya coba rekam untuk hari Minggu ini di antaranya adalah Jalan Kembang Kencana, Jl. Meruya Ilir Raya, Jl. Pejuangan, Jl. Srengseng, Jl. Pesanggrahan, Jl. Kembangan Selatan, dan Gang Family. Kesemua jalan tersebut berada di wilayah Kecamatan Kembangan, kecuali Jl. Pejuangan dan sebagai Jl. Meruya Ilir Raya yang masuk Kecamatan Kebon Jeruk.

Berikut adalah salah satu contoh video yang berhasil saya buat dengan pengeditan seperlunya menggunakan Windows Movie Maker, yakni Jalan Pesanggrahan, Kembangan, Jakarta Barat.



Terima kasih sudah mengunjungi artikel tentang uji coba membuat video perjalanan ini.
Label: edit post
0 Responses

Post a Comment