Munadi
AdSense merupakan program kerjasama periklanan lewat media internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense ini, para pemilik situs web atau blog yang sudah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan untuk memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka.

Pemilik situs web atau blog akan memperoleh pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs. Sistem ini dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Nah, hari ini, saya mulai memasang iklan AdSense di blog Munadiary ini. Biarpun jumlah artikel di dalam blog ini masih sangat sedikit, yaitu baru sebanyak 12 buah, saya memberanikan diri memasang iklan Google.

Sebenarnya, saya sudah beberapa tahun belakangan ini menjadi anggota Google AdSense. Jadi, blog ini adalah yang ke sekian kalinya saya pasangi AdSense.

Total ada 4 iklan yang saya pasang di blog ini, 3 buah unit iklan dan 1 iklan link. Pada bagian artikel, saya memasang 2 buah unit iklan yang terletak di atas artikel dan yang satunya lagi di bawah artikel.

Unit iklan AdSense yang saya pasang pada awal paragraf artikel adalah berbentuk kotak atau rectangular dengan ukuran 250 piksel x 250 piksel. Sedangkan unit iklan yang dipasang pada bagian bawah artikel adalah masih berbentuk rectangular, namun dengan ukuran yang lebih besar, yaitu 336 piksel x 280 piksel.

Satu unit iklan sisanya, saya pasang di sidebar yang pertama. Template ini kan memiliki 2 buah sidebar. Unit iklan yang satu ini, saya pilih yang berbentuk vertikal dengan ukuran 160 piksel x 600 piksel disesuaikan dengan lebar sidebar yang tersedia. Ketiga unit iklan tersebut, saya atur agar bisa menampilkan iklan teks dan display.

Sementara itu, untuk jenis iklan link, saya hanya memasang 1 buah saja, yang saya letakkan di sidebar yang ke-dua. Ukuran dari unit iklan link ini adalah 160 piksel x 90 piksel. Lagi-lagi, ukuran tersebut dipilih untuk menyesuaikan dengan lebar sidebar yang tersedia. Sebenarnya, iklan link ini dibolehkan untuk dipasang sebanyak 3 buah dalam satu halaman.

Cara memasang iklan AdSense ini di blog terbilang mudah sekali. Kita hanya perlu meletakkan kode iklan tertentu di tempat yang diinginkan. Tetapi, jangan sampai melanggar ketentuan yang disyaratkan oleh Google.

Untuk memasang iklan di sidebar, kita tinggal menyalin dan menempelkan kode iklan tersebut. Namun, jika kita ingin memasang iklan di dalam bagian artikel, maka kita perlu mem-parse kode iklan tersebut terlebih dahulu.
Label: edit post
0 Responses

Post a Comment