Munadi
Menerbitkan artikel baru di Blogger bisa dilakukan dari beragam perangkat. Selain dari komputer desktop atau laptop, update posting baru di blog juga dapat melalui smartphone atau ponsel pintar. Nah, saya sendiri sering posting artikel blog ini dari BlackBerry 9320 yang saya miliki.

Menulis dan mempublish artikel via ponsel BB ini memang tidak senyaman saat melakukannya di laptop. Pasalnya, tidak ada aplikasi Blogger untuk BB. Selain itu, tampilan situs Blogger saat dibuka lewat browser juga terasa tidak nyaman. Seperti diketahui, layar ponsel ini terasa begitu sempit.

Kendala lain yang saya temui saat menerbitkan artikel blog melalui hp BB ini adalah saya tidak bisa menggunggah gambar secara langsung. Oleh karena itu, artikel-artikel blog ini yang dipublish dari ponsel tidak ada gambarnya.

Langkah-langkah yang biasa saya lakukan untuk menerbitkan artikel blog ini dari BlackBerry adalah, pertama, saya mengetikkan tulisan artikel terlebih dahulu di aplikasi "Buku Memo". Setelah artikel selesai dibuat, kemudian saya menyalinnya. Saya lebih suka menulis artikel di aplikasi ini karena jika langsung menuliskannya di Blogger, pengetikannya terasa kurang lancar.

Langkah selanjutnya, saya pindah aplikasi dan beralih ke browser internet untuk masuk ke akun Blogger. Sesudah berhasil masuk, saya langsung menuju tautan "Entri Baru". Saat berada di laman pengeditan artikel, saya ketikkan judul artikel. Lalu, saya isi label yang diinginkan. Kemudian, saya menempelkan artikel yang sudah saya salin tadi di area pembuatan artikel di bagian "HTML". Setelah semuanya siap, berikutnya saya mengeklik tombol "Publikasikan" warna jingga di sekitar pojok kanan atas.

Setelah artikel berhasil terbit, lalu saya keluar dari akun Blogger tersebut. Kemudian, saya pindah aplikasi untuk kembali ke "Buku Memo" dan membuang tulisan yang saya buat tadi. Saya memang sengaja untuk tidak menyimpannya agar tidak memakan ruang penyimpanan memori.

Nah, itulah cara yang biasa saya lakukan untuk menerbitkan artikel dari handphone BlackBerry Armstrong ini. Meskipun tanpa gambar, saya tetap bisa update blog Munadiary ini.
Label: edit post
0 Responses

Post a Comment